Cara Mengatasi Memori Penuh / Ruang Penyimpanan Hampir Habis Pada Handphone padahal kapasitas masih banyak

 


Cara Mengatasi Memori penuh. 

Pernahkah anda mengalami kejadian memori penuh dimana saat anda hendak menginstall suatu aplikasi dari playstore tetapi pada saat anda akan menginstallnya mendapatkan peringatan bahwa ruang penyimpanan penuh (not enought space) atau memori penuh, padahal memori anda kosong? jika anda pernah mengalaminya mari simak penjelasan berikut

Memori adalah suatu ruang penyimpanan pada perangkat komputer atau smartphone, Memori pada smartphone terbagi menjadi 2 yaitu  
  1. memori internal 
  2. memori eksternal. 

Memori internal biasanya menyatu dengan handphone itu sendiri misal anda membeli handphone dengan kapasitas memori internal 25Gb itu artinya hanphone anda sudah memiliki ruang penyimpanan 25Gb tanpa harus menambahkannya lagi. biasanya memori internal pada handphone digunakan sebagai ruang penyimpanan applikasi yang kita install, hasil foto, hasil download, dan cache aplikasi yang digunakan atau yang dipakai di handphone.

Memori Exsternal merupakan memori tambahan biasanya digunakan untuk menyimpan sesuatu yang BUKAN aplikasi yang diinstall diplaystore. misal foto, video, hasil download dan masih banyak yang lainnya.

Mengapa Memori Internal Bisa mengalami Memori penuh?


Seperti yang anda ketahui dari penjelasan diatas bahwa memori interal digunakan untuk berbagai aktivitas baik dari aplikasi yang kita install ataupun dari data yang sering kita gunakan seperti download, foto dll. hal ini bisa membuat kapasitas memori penuh. 

selain itu setiap aplikasi yang kita gunakan dan kita hapus akan menghasilkan cache yang tidak terdeteksi secara langsung. biasanya hanphone yang lama tidak ada aplikasi bawaan yang mendeteksi cache tersebut. lambat laun anda melakukan install aplikasi bermacam-macam maka hal ini dapat membuat cache bertambah besar dan semakin besan dan itu tidak dapat diketahui keberadaannya maka hal itu akan menyebabkan memori penuh.

Cara mengatasi memori penuh / atau penyimpanan habis

Untuk mengatasi Memori hanphone atau penyimpanan habis (memori penuh) ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. diantaranya yaitu dengan cara

  1. Hapus cache pada handphone yang digunakan (penyebab sering memori penuh).
  2. Gunakan Aplikasi Cleaner untuk mengatasi memori penuh.
  3. Hapus file aplikasi yang sudah diuninstall (sudah dihapus) supaya memori tidak penuh.
  4. Pindahakan beberapa aplikasi besar ke memori eksternal.
  5. Hapus file video yang berukuran besar dan tidak diperlukan.
  6. Hapus aplikasi yang tidak digunakan (penyebab memori penuh terlalu banyak aplikasi terinstall tapi tidak digunakan).
  7. matikan auto download whatsapp.


1. Hapus cache pada hanphone yang digunakan

Cara yang pertama untuk mengatasi memori penuh atau penyimpanan habis pada handphone adalah melihat cache pada handphone anda. Cache adalah suatu aplikasi yang gunanya untuk mempercepat kinerja pada sistem android pada saat pengguna mengunakan suatu aplikasi, nantinya aplikasi yang digunakan tersebut secara otomatis akan menyimpan data tertentu ke memori. permasalahannya timbul ketika banyak file cache memiliki ukuran yang sangat besar mengakibatkan menumpuknya data pada memori.

Untuk mengatasinya agar memori handphone tidak penuh padahal masih kosong, maka langkah ini yang bisa anda lakukan.

    1. Buka Setelan pada handphone anda
    2. Masuk ke menu aplikasi
    3. Cari aplikasi yang memiliki ukuran paling besar
    4. Buka aplikasinya
    5. Pilih menu penyimpanan
    6. kemudian Hapus cache untuk mengatasi memori penuh.

Jika menghapus cache pada satu aplikasi masih tetap belum cukup ruang atau masih ada notifikasi memori penuh maka lakukan langkah diatas ke aplikasi lainnya.

2. Gunakan Aplikasi Cleaner untuk mengatasi memori penuh

Aplikasi Cleaner adalah aplikasi yang digunakan untuk mengoptimalkan performa dari handphone maupun penggunaan data. Aplikasi ini dirancang bagi anda yang tidak menyukai cara manual untuk melakukan penghapusan data dicache di memori. dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat menghemat waktu karena lebih praktis dan efesien karena penghapusan data dijalankan secara otomatis.

Mengatasi memori penuh / ruang penyimpanan hampir habis padahal kapasitas masih banyak dapat diatasi dengan mudah menggunakan aplikasi ini. berikut langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan aplikasi Cleaner :
    1. Install Aplikasinya di playstore
    2. Klik aplikasi untuk memulai
    3. Anda bisa langsung menuju menu utama
    4. Pilih tombol bersihkan
    5. Kemudian tunggu hingga proses pembersihan data selesai. dijamin memori tidak akan penuh lagi.
Setelah pembersihan selesai, silahkan anda check apakah masih sama atau tidak pesan memori penuhnya. jika tidak, selamat anda bisa menginstall aplikasi lainnya.

3. Hapus file aplikasi yang sudah diuninstall (sudah dihapus)

Perlu anda ketahui aplikasi yang sudah anda hapus dari handphone tidak benar-benar dihapus secara keseluruhan. artinya didalam handphone kita masih terdapat sampah sisa sisa aplikasi yang sudah anda hapus. untuk menghapus sisa-sisa tersebut (terutama hp samsung) anda dapat melakukan hal berikut ini:
    1. Pada menu Utama pilih File saya
    2. Klik button penggunaan penyimpanan pada posisi paling bawah
    3. Pilih rincian kemudian masuk ke file campuran
    4. Hapus file cache yang sudah diuninstall, dijamin memori menjadi tidak penuha

4. Pindahakan beberapa aplikasi besar ke memori eksternal

Seperti yang anda ketahui dari penjelasana memori internal dan eksternal diatas bahwa memori internal digunakan sebagai wadah ketika anda menginstall aplikasi. semakin banyak anda menginstall aplikasi ke handphone maka dapat membuat memori internal menjadi penuh. nah dari hal ini solusi terbaik jika anda tidak ingin menghapus aplikasi anda adalah dengan cara memindahkan aplikasi tersebut ke memori eksternal. terutama aplikasi-aplikasi yang berukuran besar seperti marketplace dan game.
Untuk HP samsung caranya cukup mudah yaitu dengan cara :
  1. Masuk ke pengaturan
  2. Pilih aplikasi
  3. Masuk ke manager aplikasi
  4. Pilih aplikasi yang didownload dan klik, maka akan muncul pilihan diantaranya yaitu hapus memori, hapus data dan pindahkan aplikasi ke sd card
  5. pilih pindahkan ke SD card

5. Hapus Video yang berukuran besar 

Video kadang bisa membuat memori penuh. semakin bagus kualitas video semakin besar pula ukurannya. sehingga bila vidoe-video tersebut tetap dibiarkan maka akan menyebabkan memori penuh. 

video dengan durasi panjang dan kualitasnya tinggi, bisa memiliki ukuran sampai ratusan MB bahkan sampai berukuran GigaByte. cara mengecek untuk melihat ukuran dari video di HP kalian adalah sebagai berikut :
  1. Buka aplikasi file manager di HP kalian.
  2. Masuk ke penyimpanan internal > DCIM > Kamera
  3. Ubah pengaturan. urutkan berdasarkan ukurannya
  4. Hapus file Video yang berukuran besar dan tidak digunakan atau tidak penting, supaya mengatasi memori penuh.
Jika kamu tidak ingin menghapus video tersebut. maka salah satu cara agar mengatasi memori penuh adalah dengan cara memindahkannya ke memori eksternal atau ke komputer kalian.

6. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Seperti yang kita ketahui, semakin banyak kita menginstall aplikasi maka semakin banyak pula memori kita terpakai. aplikasi yang tidak digunakan sebaiknya dihapus karena bisa menyebabkan memori penuh dengan cepat. setiap aplikasi yang kita install biasanya akan menyimpannya di memori internal sehingga semakin banyak aplikasi semakin gede pula kebutuhan memori yang digunakannya.

Dengan menghapus aplikasi-aplikasi tersebut yang tidak pernah digunakan lagi , kalian akan menambah ruang kosong untuk memori handphone kalian. Cara menghapusnya juga tidak sulit, cukup dengan menekan dan tahan icon aplikasi, lalu geser ke opsi Uninstall atau Hapus.

7. Menghapus Video Offline yang didownload di youtube.

Pernahkah kalian mendownload video di youtube supaya kalian bisa menonton secara offline. mendownload video dari youtube ternyata memiliki ukuran videonya, sehingga jika kita banyak mendownload video offline maka kita membutuhkan memori yang besar. akibatnya memori menjadi penuh.

Berikut adalah cara menghapus video offline di yaoutube.
  1. Buka aplikasi youtube di HP kalian.
  2. Buka profil dipojok kanan atas layar.
  3. Buka Setelan > Unduhan > Hapus Unduhan.
Terkadang orang menyepelekan sebuah ukuran video. misalnya saja ketika diwhatsapp ukuran gambarnya adalah 15 pixel. sebenarnya ukuran foto 15 pixel itu masih sedikit, akan tetapi bagaimana jika videonya sangat banyak. yang terjadi adalah ukuran video bisa berlipat-lipat ganda. hal tersebut bisa menyebabkan memori penuh.

8. Matikan auto download Whatsapp.

Meski file gambar, audio, video, dokumen, atau file lain yang dikirim dari WhatsApp akan selalu di kompres, tapi jika file tersebut sudah menumpuk maka ukurannya akan menjadi besar.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mematikan opsi otomatis download pada aplikasi WhatsApp. Berikut cara melakukannya:
  1. Buka menu setting whatsapp
  2. Pilih opsi storage dan data
  3. Atur semua opsi menjadi No Media. Termasuk saat menggunakan WiFi.

Demikian sedikit penjelasan dari saya semoga bermanfaat. jika ada cara selain diatas silahkan coret-coret dikomen beberapa trik yang kalian miliki. 


Posting Komentar

0 Komentar